Cara Jitu Dan Ampuh Mencegah Terjadinya Copas Pada Artikel Blog

Mencegah terjadinya copas pada artikel blog kita - Nah buat kalian para blogger, bagaimana perasaan anda jika artikel yang anda buat susah payah di duplikat sama persis dengan artikel orang lain. Marah, sakit hati, kesal ? atau sebaliknya bangga karna artikel kita berarti berguna bagi orang lain sehingga mereka menggunakan artikel di blog mereka.


Cara Jitu Dan Ampuh Mencegah Terjadinya Copas Pada Artikel Blog

Jika jawaban anda seperti itu, anda salah besar. Kenapa begitu ? karna dapat berdampak buruk bagi kelanjutan situs blog anda. Nah dari semua tadi anda sebagai pemilik blog harus atau konten seharusnya meningkatkan keamanan dalam blog anda.

Baca Juga : Membuat syntax Highlighter Pada Blog Menggunakan CSS

Bagi sebagian orang mungkin tidak terima, karna artikel yang dia buat susah dan pastinya capek. Sehingga mereka kedapatan melihat artikel orang lain yang sama persis tanpa merubah sejengkal kata pun. Apa tindakan anda ? Gak ada hal lain selain melapor kepada pihak google dan berharap para plagiat dapat imbas nya yaitu mendapatkan pinalti terhadap blog mereka. Semua itu sudah pasti dilakukan buat yang tidak terima artikel mereka di copas tanpa izin dan meletakkan sumber aslinya.

Tepat sekali, karena kali ini penulis akan membagikan tutorial memasang script anti copas atau seleksi sembarangan pada blog kita. Setidaknya dapat memberikan keamanan pada blog anda, Khusunya menghindari copas dari para plagiat konten. Script ini sangat ringan karna hanya menggunakan kode CSS saja, dan script ini dapat di gunakan pada berbagai platfrorm, seperti wordpress, blogger, dan lain sebagainya.

Cara Memasangkan script anti copas pada artikel blog kita

1. Masuk ke blogger kalian dulu, menggunakan akun gmail kalian,

2. Selanjutnya masuk pada menu Tema ~ Edit HTML,

3. Tekan CTRL + F pada keyboard untuk mempermudah pencarian kode ]]></b:skin>, nah letakkan kode CSS  di bawah ini tepat di atas kode ]]></b:skin>.

  BODY {
 user-select:none;
 -moz-user-select:none;
 -ms-user-select:none;
 -khtml-user-select:none;
 -webkit-user-select:none
}

4. Jika sudah silahkan kalian simpan tema, dan lihat hasilnya.

Penjelasan mengenai kode CSS di atas:

Karena kode di atas terletak dan di simpan di dalam body, maka setiap tulisan yang terdapat dalam blog atau artikel anda sepenuhnya tidak dapat di seleksi atau copas. Nah banyak yang tanya begini, kalau yang menggunkan Syntax Highlighter gimana mas, apa juga tidak dapat di copas pada secript yang tersedia ? Tentunya tidak bisa, karna script ini menyangkut semua kata yang terdapat dalam blog kita seperti syntax highlighter juga tidak dapat di copas. Yah percuma dong mas kalau gitu, saya bikin artikel nya tentang tutorial blogging kalau kode syntax nya tidak bisa di copas? Tenang masih ada cara lain agar artikel dalam blog kita hanya dapat di seleksi di berbagai tempat saja.

Nah untuk cara pemasangan kode nya, ada syarat nya yaitu anda hanya butuh sedikit saja paham mengerti tentang TAG HTML. Misalnya, hampir semua template blogspot yang ada, isi dari sebuah artikel disimpan melalui tag DIV yang memiliki element CLASS (.post – body). Jadi jika ingin membuat artikel yang tidak bisa di seleksi, hanya di area tersebut, dapat menggunakan kode CSS di bawah ini.

  .post-body {
 user-select:none;
 -moz-user-select:none;
 -ms-user-select:none;
 -khtml-user-select:none;
 -webkit-user-select:none
}
Keterangan
Jika dalam CSS, id diwakili dengan tanda # (pagar), dan class di wakili dengan . (titik).

Jika tag HTML dengan id <div id=”post – body”> maka kode CSSnya= #post – body

Jika tag HTML dengan class <div class=”post – body”> maka kode CSSnya= .post – body

Paham dengan caranya atau masih bingung cara pemasangannya ? maka dari itu saya sarankan harus sedikit mengerti tentang HTML sedikit saja, seperti yang saya sebutkan pada penjelasan di atas.
Dan untuk kode di bawah ini sebaliknya, yaitu mengaktifkan seleksi tulisan. Simpan saja di manapun anda mau, tergantung dari tag id dan class yang digunakan. Saya contohkan agar fitur seleksi aktif pada bagian Syntax Highlighter blog yang biasa menggunakan kode pemanggil syntax <pre> dan kode </pre>.

Berikut kode CSS nya:


  .post-body pre code {
 user-select:text;
 -moz-user-select:text;
 -ms-user-select:text;
 -khtml-user-select:text;
 -webkit-user-select:text
}

Baca Juga : Script Jitu Menghapus Link Aktif Otomatis Pada Komentar Blog

Bagaiman paham cara pemasangan nya? Hehehe mudah kan Cara Jitu Dan Ampuh Mencegah terjadinya copas pada artikel blog kita, silahkan di praktekkan dan pasang kode nya di dalam template anda, semoga trik ini dapat menghindari dari para plagiat konten artikel orang lain, Silahkan di praktekkan.

0 Response to "Cara Jitu Dan Ampuh Mencegah Terjadinya Copas Pada Artikel Blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel